Welcome to FunStudy's page

Happy greetings to us all. FunStudy blog is deliberately created to share anything with you that is everywhere. Sometimes we share with one another can discover new things, unique and extraordinary that we have never got before. Hopefully what is presented in this blog can be beneficial and assist colleagues in completing the task at hand.

Monday 21 November 2011

Fun Study: Bimbingan Belajar FunStudy Malang

Fun Study: Bimbingan Belajar FunStudy Malang: Bimbingan Belajar FunStudy merupakan lembaga pendidikan informal kelompok maupun privat yang menggunakan pendekatan konstruktivis dimana...

Bimbingan Belajar FunStudy Malang

Bimbingan Belajar FunStudy merupakan lembaga pendidikan informal kelompok maupun privat yang menggunakan pendekatan konstruktivis dimana anak diberikan kesempatan untuk belajar dari pengalaman langsung dan berusaha memecahkan masalahnya secara mandiri. Dengan konsep keramah-tamahan dan permainan yang mendidik akan membuat anak lebih nyaman belajar dan mudah menyerap ilmu pengetahuan. Kami memberikan bimbingan belajar bagi siswa TK, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, baik sekolah berstandar nasional, nasional plus, dan internasional. Kami akan turut membantu dan mempersiapkan para siswa dalam mengikuti pelajaran sekolah, pekerjaan rumah dari sekolah, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan UAN.

Bimbingan Belajar FunStudy

Bimbingan Belajar FunStudy, let's join with us :D

Sistem Tutoring FunStudy
• Mata pelajaran yang diajarkan :
   * TK ( 4 - 5 tahun ) : Calistung (membaca, menulis dan berhitung)
   * SD ( kelas 1 - 6 ) : semua mata pelajaran baik yang berstandar nasional maupun 
                                internasional (mata pelajaran bilingual)
   * SMP ( kelas 7 - 9 ) : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, IPS ( 
                                  Ekonomi, Akuntansi dan Sosiologi)
   * Ekstra ( kelas 1 - 9 ) : TIK (komputer), Olahraga dan Seni Budaya
• Tutor kelas untuk kelas reguler (tutoring classic di dalam ruang kelas) dan dapat juga 
   tutor datang ke rumah siswa untuk kelas privat.
• Bimbingan belajar dapat bersifat privat atau kelompok (maksimal 5 siswa).
• Durasi belajar 1,5 - 2 jam / pertemuan.
• Mereview dan melakukan perbaikan (jika dibutuhkan) untuk mata pelajaran sekolah, 
  pendampingan dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tanya-jawab, dan pemberian 
  latihan soal komprehensif .
• Waktu belajar dilakukan selama hari efektif ( Senin sampai Jum'at) dan dipilih sendiri 
  oleh siswa ( seminggu 3x pertemuan )

Mengapa lebih baik memilih FunStudy ?
karena........
• Setting belajar membuat siswa lebih nyaman untuk belajar sebab dilakukan di dalam ruang kelas 
   FunStudy (kelas reguler) atau di dalam rumah siswa (kelas privat).
• Siswa dapat menentukan hari dan jam belajar yang diinginkan (menyesuaikan dengan jadwal kesibukan 
   siswa)
• Siswa mendapatkan handout materi belajar berstandar KTSP.
• Pemberian latihan soal tambahan di luar materi sekolah.
• Siswa memiliki Communication Book antara tutor-orangtua untuk memantau kegiatan belajar siswa.
• Pemberian Reward (Hadiah) pada akhir semester bagi siswa yang mendapatkan nilai ulangan > 85.
• Siswa dapat meminta waktu belajar tambahan jika diperlukan untuk persiapan ulangan dan ujian.

Paket Belajar
Privat & Kelompok (maks. 5 siswa)
- 1 minggu 3 kali (12 pertemuan/ bulan)
- 1 minggu 4 kali (16 pertemuan/ bulan), khusus untuk 2 minggu sebelum UTS, UAS dan UAN

Hari Intensif Belajar
- Senin sampai Jumat (20 pertemuan/ bulan)


DAFTAR SEGERA …!!
FREE PIN DAN BINDER SELAMA PENDAFTARAN NOVEMBER - DESEMBER 2011


Informasi & Pendaftaran:
Phone: 085729345252
Pin BB : 26EBD31A
Office: Jl. Bromo No: 16B Malang dan Jl. Kapisata Bali I Blok 16D No 6 Sawoajajar 2 Malang
Email: funstudy@ymail.com
Website: http://gotofunstudy.blogspot.com/

Sunday 20 November 2011

FunStudy Training Computer

Pamflet Computer Training FunStudy
Dibuka kelas khusus pelatihan komputer (TIK). Materi dapat menyesuaikan dengan kurikulum sekolah dan kebutuhan akan teknologi, informasi dan komunikasi pendaftar pelatihan komputer.
Biaya terjangkau dan menerima kelas privat. Hubungi contact person untuk mendapatkan informasi lanjutan atau dapat juga kirim e-mail ke FunStudy : funstudy@ymail.com, pin BB 26EBD31A

RPP Sosiologi Penyimpangan Sosial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                                        : SMP NEGERI 11 MALANG
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester                    : VIII / 1
Standar Kompetensi             : Memahami masalah penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar                 : Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
(miras, judi, narkoba, HIV/ AIDS, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga, dengan rangka peduli sosial.
Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat dengan rangka peduli masyarakat.
Alokasi Waktu                                   : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan mesyarakat.
3.      Mengidentifikasi jenis- jenis penyimpangan sosial
4.      Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat
5.      Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
6.      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial.

B.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
2.      Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dengan rasa peduli sosial.
3.      Jenis-jenis penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
4.      Contoh-contoh penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
5.      Akibat-akibat penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
6.      Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
C.      Metode
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi.
3.      Tanya-jawab

RPP Ekonomi KD Bentuk-Bentuk Pasar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                         :         SMP Negeri 11 Malang
Mata Pelajaran            :         Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas                             :         VIII (delapan)
Semester                      :         1 (satu)
Standar Kompetensi   :         Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar       :         Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
                                                masyarakat dengan rasa ingin tahu
Waktu                           :         4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.    Menjelaskan arti pasar dengan mandiri
2.    Menyebutkan syarat-syarat terjadinya pasar dengan mandiri
3.    Menjelaskan fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat / pemerintah dengan mandiri
4.    Menyebutkan macam-macam pasar dengan rasa ingin tahu
5.    Membedakan antara pasar konkrit dengan pasar abstrak dengan rasa ingin tahu
6.    Mendemonstrasikan aktifitas jual beli seperti kegiatan di pasar dengan bersemangat

RPP Ekonomi KD Pelaku Ekonomi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                                        : SMP NEGERI 11 MALANG
Mata pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas                                       : VIII (delapan)
Semester                                : 1 (satu)
Standar Kompetensi             : Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar                 : Mendeskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga,  
                                                  Masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara.
Alokasi Waktu                                   : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Menggolongkan pelaku utama dalam sektor usaha formal, dengan rasa ingin tahu.
2.      Menjelaskan arti perusahaan swasta dan negara, serta koperasi, dengan rasa ingin tahu.
3.      Menjelaskan peranan perusahaan swastadan negara, serta koperasi bagi masyarakat, dengan rasa ingin tahu.
4.      Menjelaskan dan menyebutkan landasan,asas, syarat menjadi anggota koperasi dan sumber permodalan koperasi Indonesia dengan mandiri.
5.      Menyebutkan prinsip-prinsip koperasi Indonesia dengan rasa ingin tahu.
6.      Menjelaskan sektor informal dengan rasa ingin tahu.

RPP Ekonomi SK Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi di Masyarakat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                                       : SMP NEGERI 11 MALANG
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas                                      : VIII (delapan)
Semester                                : 1 (satu)
Standar Kompetensi              : Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar                 : Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya
                                                  dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan rasa
                                                  ingin tahu.
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Menjelaskan arti kelangkaan sumber daya, dengan rasa ingin tahu.
2.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan, dengan rasa ingin tahu.
3.      Menjelaskan usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan, dengan rasa ingin tahu
4.      Menjelaskan arti kebutuhan, dengan komunikatif dan rasa ingin tahu.
5.      Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia, dengan rasa ingin tahu.
6.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan tidak terbatas, dengan rasa ingin tahu.
7.      Menyebutkan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan, dengan rasa ingin tahu.
8.      Menyusun skala prioritas kebutuhan, dengan rasa ingin tahu.

Saturday 19 November 2011

Program Tahunan


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Mata Pelajaran          :  Ilmu Pengatahuan Sosial (Ekonomi dan Sosiologi)
Kelas                           :  VIII (delapan)

Laporan PPK / PPL


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Pendidikan sangat besar peranannya dalam kehidupan manusia. Pendidikan bermaksud membantu  manusia untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Pendidikan ini akan berhasil baik jika melalui proses pembelajaran yang baik dan mencapai hasil yang baik pula. Untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal banyak faktor yang mempengaruhi antara lain bimbingan dan pangajaran dari seorang guru terhadap peserta didik (siswa).
Melihat pentingnya peranan guru terhadap pendidiakan, maka seorang guru harus mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk mendidik dan mengajar. Guru harus kompeten dan layak sesuai keahliannya (profesional). Seorang guru dikatakan kompeten dan layak bukan hanya diuji dari kemampuannya menguasai materi tetapi juga mampu menyampikannya secara baik sehingga mampu dipahami oleh siswa. Guru harus mampu mengarahkan dan memmbimbing siswa untuk belajar dengan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Guru juga harus mampu memotivasi dan membimbing siswa dalam proses belajar mengajar sehingga sisiwa mampu memperoleh hasil belajar yang maksimal.
Dengan berbagai tuntutan dan tantangan yang harus dihadapi oleh guru dalam bidang pendidikan maka penulis yang adalah mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang yang juga merupakan seorang calon guru merasa perlu untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia pendidikan yang sesungguhnya. Sebagai seorang calon guru, penulis perlu mempersiapkan diri agar kelak bisa menjadi seorang guru yang layak dan kompeten.
Sebagai tindak lanjut  IKIP Budi Utomo Malang melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya adalah kegiatan Program Praktek Keguruan (PPK). Kegiatan PPK merupakan suatu upaya yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kemampuan seorang guru untuk mengemban tugas atau profesi keguruannya. Kegiatan ini dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman nyata di lapangan. Hal ini karena tugas dan tanggung jawab seorang guru sangat luas, tetapi tugas di depan kelas merupakan salah satu tugas yang dianggap sangat penting.
Dalam kegiatan PPK akan banyak dipenuhi permasalahan baru yang tidak mungkin dapat dipecahkan secara tepat ketika berada di depan kelas. Segudang teori yang diperoleh pada saat kuliah tidak akan mampu menjawai sejumlah persoalan di lapangan atau sekolah. Tempat praktek dan mekanisme pengaturan waktu akan muncul sacara bersamaan melahirkan situasi baru yang belum pernah ditemui oleh mahasiswa. Jadi mahasiswa praktek mengajar sekaligus dihadapkan pada situasi kompleks dan majemuk yang nantinya berguna bagi mahasiswa dalam mencari solusi dan pemecahan masalah.
Dengan dihadapkannya  mahasiswa pada kegiatan ini diharapkan akan memberikan nilai tersendiri dalam rangka menciptakan atau pembentukan tenaga kependidikan yang profesional sehingga tercipta lulusan – lulusan yang berkualitas di tengah – tengah masyarakat.

E-Commerce


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi (tele)komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut “information age” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. E commerce merupakan extensiondari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.
Pendapat yang sangat berlebihan tentang bisnis ‘dotcom’ atau bisnis on-line seolah-olah mampu menggantikan bisnis tradisionalnya (off-line). Kita dapat melakukan order dengen cepat diinternet – dalam orde menit – tetapi proses pengiriman barang justru memakan waktu dan koordinasi yang lebih rumit, bisa memakan waktu mingguan, menurut Softbank;s Rieschel, Internet hanya menyelesaikan 10% dari proses transaksi, sementara 90 % lainnya adalah biaya untuk persiapan infrastruktur back-end, termasuk logistic. Reintiventing dunia bisnis bukan berarti menggantikan system yang ada, tapi justru komplemen dan ekstensi dari system infratruktur perdagangan dan produksi yang ada sebelumnya.
Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Perama, Insfrastruktur system distribusi (flow of good) kedua, Insfrastruktur pembayaran (flow of money) Dan Ketiga, Infrastruktur system informasi (flow of information). Dalam hal kesiapan infrastruktur e-commerce, kami percaya bahwa logistics follow trade, bahwa semua transaksi akan diikuti oleh perpindahan barang dari sisi penjual kepada pembeli. Agar dapat terintegrasinya system rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa transportasi, hingga ke customer maka diperlukan integrasi enterprise system untuk menciptakan supply chain visibility. Ada tiga factor yang patur dicermati oleh kita jika ingin membangun toko e-commerce yaitu : Variability, Visibility, dan Velocity (Majalah Teknologi, 2001).
Yang menjadi pertayaan bahwa bagaimana kita melakukan penyelidikan sebelum memutuskan untuk terjun ke market on-line ini, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan diantaranya ; Process conducting dalam penyelidikan : 1) mendefinisikan targer pasar, 2) menidentifikasikan kelompok untuk dijadikan pembelajaran. 3) indentity topk untuk discusi.
Dalam tahap penunjungnya maka dapat diselidiki : 1) identity letak demografi website di tempat tertentu, 2) memutuskan focus editorialnya, 3) memutuskan isi dari contentnya, 4) memutuskan pelayanan yang dibuat untuk berbagai type pengunjung (Turban M, 2001)
Ternyata tidak mudah mengimplementasikan eCommerce dikarenakan banyaknya faktor yang terkait dan teknologi yang harus dikuasai. Tulisan (report) ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang teknologi apa saja yang terkait, standar-standar yang digunakan, dan faktor-faktor yang harus diselesaikan.

Makalah Seminar Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN



I.I Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang, dan pendidikan nasional Indonesia adalah pendidikan yang berakar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional Indonesia.
Jenis pendidikan adalah pendidikan yang dikelompokan sesuai dengan sifat dan kekhususan tujuannya dan program yang termasuk jalur pendidikan sekolah terdiri atas pendidikan umum, Pendidikan keturunan dan pendidikan lainnya. Serta upaya pembaharuannya meliputi landasan yuridis, Kurikulum dan perangkat penunjangnya, struktur pendidikan dan tenaga kependidikan

I.2 Pembahasan Masalah

Pada hakikatnya penulis mengarahkan Langkah-langkah yang dijadikan pokok permasalahan dalam pembuatan makalah ini agar sasaran yang hendak dicapai dapat terwujud. Pokok permasalahan tersebut yaitu Bagaimana cara untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang.

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Landasan Pengembangan Kurikulum.