RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP :
SMP NEGERI 11 MALANG
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas :
VIII (delapan)
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami kegiatan pelaku ekonomi di
masyarakat
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pelaku
ekonomi : rumah tangga,
Masyarakat, perusahaan,
koperasi dan Negara.
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2 x
pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Menggolongkan pelaku utama dalam
sektor usaha formal, dengan rasa ingin tahu.
2. Menjelaskan arti perusahaan swasta
dan negara, serta koperasi, dengan rasa ingin tahu.
3. Menjelaskan peranan perusahaan
swastadan negara, serta koperasi bagi masyarakat, dengan rasa ingin tahu.
4. Menjelaskan dan menyebutkan
landasan,asas, syarat menjadi anggota koperasi dan sumber permodalan koperasi
Indonesia dengan mandiri.
5. Menyebutkan prinsip-prinsip koperasi
Indonesia dengan rasa ingin tahu.
6. Menjelaskan
sektor informal dengan rasa ingin tahu.
B.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian pelaku ekonomi
2. Rumah tangga keluarga dan masyarakat
3. Perusahaan swasta dan negara
4. Koperasi
5. Sektor
informal
C.
Metode
1. Ceramah
2. Inquiri
3. Diskusi
4. Tanya – jawab
D.
Strategi Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
|
Pertemuan
1
a.
Pendahuluan
-
Guru memeriksa
kebersihan dan mengabsen siswa.
-
Apersepsi :
siswa diminta menyebutkan perusahaan – perusahaan / koperasi yang ada di lingkungannya.
-
Motivasi : siswa diminta
b.
Kegiatan inti
-
Siswa secara
berkelompok membahas tentang BUMN dan BUMS
-
Salah satu
kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
menanggapi, dipandu oleh moderator
-
Guru mengamati
dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-
Bersama dengan
siswa, guru membuat kesimpulan
c.
Penutup
-
Penilaian :
guru memberikan pos tes
-
Refleksi : siswa mengungkapkan pentingnya BUMN dan
BUMS bagi masyarakat
Pertemuan 2
a.
Pendahuluan
-
Guru memeriksa
kebersihan dan mengabsen siswa
-
Apersepsi :
siswa ditanya apakah memanfaatkan jasa koperasi?
-
Motivasi : dijelaskan tentang pentingnya koperasi
bagi masyarakat.
b.
Kegiatan inti
-
Siswa secara
berkelompok membahas tentang arti, tujuan, asas, permodalan dan prinsip –
prinsip koperasi.
-
Salah satu
kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
menanggapi, dipandu oleh moderator
-
Guru mengamati
dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-
Bersama dengan
siswa, guru membuat kesimpulan
c.
Penutup
-
Penilaian :
guru memberikan pos tes
-
Refleksi : siswa mengungkapkan pentingnya koperasi
bagi masyarakat.
|
5’
20’
30’
10’
10’
5’
5’
20’
30’
10’
10’
5’
|
E.
Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber Belajar : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
-
Lingkungan
tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
-
Literatur internet
2. Media : gambar –gambar
F.
Penilaian
1. Jenis Tagihan : tes / nontes
2. Teknik : kuis, tes tertulis, proyek
3. Bentuk Instrumen :uraian singkat, isian singkat, pilihan ganda,
pertanyaan lisan, rubrik penilaian
4. Soal / instrumen : terlampir
Malang, September
2011
Mengetahui,
Guru pamong SMP Negeri 11 Malang Guru praktikan
Drs. HM.
Bambang Susilo Bekti Rr. Raemona
Sakti
Mengetahui,
Kepala
sekolah SMP Negeri 11 Malang
Drs. HM.
Bambang Sugeng, SH, M.Pd
No comments:
Post a Comment