Welcome to FunStudy's page

Happy greetings to us all. FunStudy blog is deliberately created to share anything with you that is everywhere. Sometimes we share with one another can discover new things, unique and extraordinary that we have never got before. Hopefully what is presented in this blog can be beneficial and assist colleagues in completing the task at hand.

Sunday 20 November 2011

RPP Ekonomi KD Pelaku Ekonomi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                                        : SMP NEGERI 11 MALANG
Mata pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas                                       : VIII (delapan)
Semester                                : 1 (satu)
Standar Kompetensi             : Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar                 : Mendeskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga,  
                                                  Masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara.
Alokasi Waktu                                   : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Menggolongkan pelaku utama dalam sektor usaha formal, dengan rasa ingin tahu.
2.      Menjelaskan arti perusahaan swasta dan negara, serta koperasi, dengan rasa ingin tahu.
3.      Menjelaskan peranan perusahaan swastadan negara, serta koperasi bagi masyarakat, dengan rasa ingin tahu.
4.      Menjelaskan dan menyebutkan landasan,asas, syarat menjadi anggota koperasi dan sumber permodalan koperasi Indonesia dengan mandiri.
5.      Menyebutkan prinsip-prinsip koperasi Indonesia dengan rasa ingin tahu.
6.      Menjelaskan sektor informal dengan rasa ingin tahu.


B.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian pelaku ekonomi
2.      Rumah tangga keluarga dan masyarakat
3.      Perusahaan swasta dan negara
4.      Koperasi
5.      Sektor informal





C.      Metode
1.      Ceramah
2.      Inquiri
3.      Diskusi
4.      Tanya – jawab

D.     Strategi Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
























2.
Pertemuan 1
a.      Pendahuluan
-          Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa.
-          Apersepsi : siswa diminta menyebutkan perusahaan – perusahaan / koperasi yang ada di lingkungannya.
-          Motivasi   : siswa diminta

b.      Kegiatan inti
-          Siswa secara berkelompok membahas tentang BUMN dan BUMS
-          Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator
-          Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-          Bersama dengan siswa, guru membuat kesimpulan

c.       Penutup
-          Penilaian : guru memberikan pos tes
-          Refleksi   : siswa mengungkapkan pentingnya BUMN dan BUMS bagi masyarakat


Pertemuan 2
a.      Pendahuluan
-          Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa
-          Apersepsi : siswa ditanya apakah memanfaatkan jasa koperasi?
-          Motivasi   : dijelaskan tentang pentingnya koperasi bagi masyarakat.
b.      Kegiatan inti
-          Siswa secara berkelompok membahas tentang arti, tujuan, asas, permodalan dan prinsip – prinsip koperasi.
-          Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator
-          Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-          Bersama dengan siswa, guru membuat kesimpulan
c.       Penutup
-          Penilaian : guru memberikan pos tes
-          Refleksi   : siswa mengungkapkan pentingnya koperasi bagi masyarakat.
5’







20’


30’


10’





10’
5’





5’



20’


30’

10’




10’
5’

E.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber Belajar     : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
-   Lingkungan tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
-   Literatur internet
2.      Media                    : gambar –gambar

F.       Penilaian
1.      Jenis Tagihan        : tes / nontes
2.      Teknik                    : kuis, tes tertulis, proyek
3.      Bentuk Instrumen :uraian singkat, isian singkat, pilihan ganda, pertanyaan lisan, rubrik penilaian
4.      Soal / instrumen   : terlampir

Malang,   September 2011
                  Mengetahui,
Guru pamong SMP Negeri 11 Malang                                           Guru praktikan


    Drs. HM. Bambang Susilo Bekti                                                  Rr. Raemona Sakti

Mengetahui,
Kepala sekolah SMP Negeri 11 Malang


Drs. HM. Bambang Sugeng, SH, M.Pd

No comments:

Post a Comment