RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 11
Malang
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas : VIII
(delapan)
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami kegiatan pelaku ekonomi di
masyarakat
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat dengan rasa ingin tahu
Waktu : 4 x 40 menit
( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran
selesai, siswa dapat :
1.
Menjelaskan arti pasar dengan
mandiri
2. Menyebutkan
syarat-syarat terjadinya pasar dengan mandiri
3. Menjelaskan fungsi
dan peranan pasar bagi masyarakat / pemerintah dengan mandiri
4. Menyebutkan
macam-macam pasar dengan rasa ingin tahu
5. Membedakan
antara pasar konkrit dengan pasar abstrak dengan rasa ingin tahu
6. Mendemonstrasikan
aktifitas jual beli seperti kegiatan di pasar dengan bersemangat
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi pasar
2. Syarat-syarat terjadinya pasar
3. Fungsi dan peranan pasar bagi masyarakat /
pemerintah
4. Macam-macam pasar
5. Perbedaan pasar konkrit dengan pasar abstrak
6. Produksi dan simulasi kegiatan jual beli pasar
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah interaktif
2. Cooperative (diskusi kelompok)
3. Role playing (bermain peran)
4. Tanya jawab
D. Strategi
Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1.
|
Pertemuan
1
a.
Pendahuluan
-
Perkenalan
& presensi awal
-
Apersepsi
: guru bertanya mengenai pasar yang siswa ketahui, pre test tertulis
b.
Kegiatan
Inti
-
Pemberian
materi (penjelasan) dengan ceramah
interaktif diperhatikan dengan cermat dan rasa ingin tahu siswa (menjelaskan arti,
fungsi pasar, menyebutkan syarat-syarat terjadinya pasar,
menjelaskan peranan pasar bagi masyarakat / pemerintah, menjelaskan
macam-macam pasar )
c.
Penutup
-
Penilaian
: - Tanya jawab lisan
-
Pos
test
-
Menggakhiri
pertemuan kelas dengan memberikan kesimpulan umum tentang materi
-
Penugasan untuk bermain role playing dipertemuan
berikutnya
|
10’
50’
20’
|
2.
|
Pertemuan
2
a.
Pendahuluan
-
Guru memeriksa kebersihan dan mengabsensi siswa
-
Apersepsi : siswa diminta menyebutkan segala macam
hal yang ada di pasar ketika mereka mengunjungi pasar
b.
Kegiatan
Inti
-
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok belajar dan dipilih
1 orang sebagai ketua kelompok dari masing-masing kelompok
-
Masing-masing anggota kelompok turut berperan aktif
dalam menghasilkan sebuah barang dengan nilai guna yang lebih
-
Memeriksa kelengkapan bahan masing-masing anak dari
semua kelompok yang ada
-
Siswa melakukan kegiatan membuat barang sesuai
dengan kreasi masing-masing kelompok
-
Barang hasil kreasi siswa yang siap dijual
ditawarkan kepada kelompok lain untuk dibeli dalam pasar kelas (penerapan
metode role playing)
-
Siswa berlomba-lomba mengumpulkan uang hasil
penjualan yang berasal dari kelompok lain dengan menawarkan hasil produksinya
c.
Penutup
-
Penilaian
: - Menilai cara kerja individu
-
Penilaian kelompok dan hasil kerja
-
Menggakhiri
pertemuan kelas dengan memberikan reward bagi kelompok dengan nilai pengerjaan dan
hasil penjualan tertinggi
|
10’
55’
15’
|
A. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber Belajar : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial.
-
Lingkungan
tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
-
Literatur internet
2. Media : gambar –gambar
B. Penilaian
1. Jenis Tagihan : tes / nontes
2. Teknik : kuis, tes tertulis, proyek
3. Bentuk Instrumen :uraian singkat, isian singkat,
pilihan ganda, pertanyaan
lisan, rubrik penilaian
4. Soal / instrumen : terlampir
Malang, September
2011
Mengetahui,
Guru pamong SMP Negeri 11 Malang Guru praktikan
Drs. HM.
Bambang Susilo Bekti Rr. Raemona
Sakti
Mengetahui,
Kepala
sekolah SMP Negeri 11 Malang
Drs. HM.
Bambang Sugeng, SH, M.Pd
No comments:
Post a Comment