Welcome to FunStudy's page

Happy greetings to us all. FunStudy blog is deliberately created to share anything with you that is everywhere. Sometimes we share with one another can discover new things, unique and extraordinary that we have never got before. Hopefully what is presented in this blog can be beneficial and assist colleagues in completing the task at hand.

Sunday 20 November 2011

RPP Ekonomi SK Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi di Masyarakat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                                       : SMP NEGERI 11 MALANG
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas                                      : VIII (delapan)
Semester                                : 1 (satu)
Standar Kompetensi              : Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar                 : Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya
                                                  dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan rasa
                                                  ingin tahu.
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Menjelaskan arti kelangkaan sumber daya, dengan rasa ingin tahu.
2.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan, dengan rasa ingin tahu.
3.      Menjelaskan usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan, dengan rasa ingin tahu
4.      Menjelaskan arti kebutuhan, dengan komunikatif dan rasa ingin tahu.
5.      Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia, dengan rasa ingin tahu.
6.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan tidak terbatas, dengan rasa ingin tahu.
7.      Menyebutkan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan, dengan rasa ingin tahu.
8.      Menyusun skala prioritas kebutuhan, dengan rasa ingin tahu.


B.      Materi Pokok
1.      Kelangkaan Sumber Daya.
2.      Usaha-usaha manusia mengatasi kelangkaan.
3.      Kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
4.      Alat pemenuh kebutuhan.
5.      Skala prioritas kebutuhan.


C.      Metode
1.      Ceramah.
2.      Inquiri.
3.      Diskusi.
4.      Tanya-jawab

D.     Strategi Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.






















2.
Pendahuluan
-          Apersepsi : Coba siapa yang dalam keluarganya, seluruh keluarganya terpenuhi dengan baik ? tanpa kekurangan.
-          Motivasi   : Siswa diminta mendata kebutuhan yang belum terpenuhi.

Kegiatan inti
-          Siswa secara berkelompok membahas tentang arti kelangkaan,  sebab-sebab terjadinya kelangkaan dan usaha-usaha mengatasi kelangkaan.
-          Salah satu kelompok dimanta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
-          Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-          Bersama dengan siswa, guru membuat kesimpulan.

Penutup
-          Penilaian : Guru memberikan pos tes
-          Refleksi   : Siswa mengungkapkan perlunya pola hidup hemat dalam rumah tangga / pribadi.


Pendahuluan
-          Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa.
-          Apersepsi  : Guru menanyakan arti kebutuhan.
-          Motivasi    : Siswa diminta mendata kebutuhannya sebagai pelajar.

Kegiatan inti
-          Siswa secara berkelompokmembahas tentang arti kebutuhan, jenis-jenis kebutuhan, faktor penyebab kebutuhan manusia yang beraneka ragam, alat pemenuhan kebutuhan dan menentukan skala prioritas kebutuhan.
-          Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
-          Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-          Bersama dengan siswa, guru membuat kesimpulan.
Penutup
-          Penilaian : Guru memberikan pos tes
-          Refleksi    : Siswa mengungkapkan perlunya menyusun  skala prioritas kebutuhan agar terjadi keseimbangan.
  
5’






20’


30’


10’




10’
5’




5’






20’



30’


10’

10’

5’


E.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber belajar      : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial
  - Lingkungan tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
  - Literature internet
2.      Media                     : gambar-gambar

F.       Penilaian
1.      Jenis tagihan          : tes / nontes
2.      Teknik                     : kuis, tes tertulis, dan proyek
3.      Bentuk instrumen   : uraian singkat, isian singkat, pilihan ganda dan pertanyaan
  tertulis, serta rubrik penilaian
4.      Soal / instrumen     : terlampir

Malang,   September 2011
                  Mengetahui,
Guru pamong SMP Negeri 11 Malang                                           Guru praktikan


    Drs. HM. Bambang Susilo Bekti                                                  Rr. Raemona Sakti

Mengetahui,
Kepala sekolah SMP Negeri 11 Malang


Drs. HM. Bambang Sugeng, SH, M.Pd

No comments:

Post a Comment