RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
SMP :
SMP NEGERI 11 MALANG
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas :
VIII (delapan)
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi :
Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya
dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
dengan rasa
ingin tahu.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x
pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Menjelaskan arti kelangkaan sumber
daya, dengan rasa ingin tahu.
2. Menyebutkan faktor-faktor penyebab
terjadinya kelangkaan, dengan rasa ingin tahu.
3. Menjelaskan usaha-usaha manusia dalam
mengatasi kelangkaan, dengan rasa ingin tahu
4. Menjelaskan arti kebutuhan, dengan
komunikatif dan rasa ingin tahu.
5. Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
manusia, dengan rasa ingin tahu.
6. Menyebutkan faktor-faktor penyebab
kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan tidak terbatas, dengan rasa ingin tahu.
7. Menyebutkan macam-macam alat
pemenuhan kebutuhan, dengan rasa ingin tahu.
8. Menyusun skala prioritas kebutuhan,
dengan rasa ingin tahu.
B.
Materi Pokok
1. Kelangkaan Sumber Daya.
2. Usaha-usaha manusia mengatasi
kelangkaan.
3. Kebutuhan manusia yang tidak
terbatas.
4. Alat
pemenuh kebutuhan.
5. Skala prioritas kebutuhan.
C.
Metode
1. Ceramah.
2. Inquiri.
3. Diskusi.
4. Tanya-jawab
D.
Strategi Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
|
Pendahuluan
-
Apersepsi : Coba
siapa yang dalam keluarganya, seluruh keluarganya terpenuhi dengan baik ?
tanpa kekurangan.
-
Motivasi : Siswa diminta mendata kebutuhan yang
belum terpenuhi.
Kegiatan
inti
-
Siswa secara
berkelompok membahas tentang arti kelangkaan,
sebab-sebab terjadinya kelangkaan dan usaha-usaha mengatasi
kelangkaan.
-
Salah satu
kelompok dimanta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
menanggapi, dipandu oleh moderator.
-
Guru mengamati
dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-
Bersama dengan
siswa, guru membuat kesimpulan.
Penutup
-
Penilaian :
Guru memberikan pos tes
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan perlunya pola hidup
hemat dalam rumah tangga / pribadi.
Pendahuluan
-
Guru memeriksa
kebersihan dan mengabsen siswa.
-
Apersepsi : Guru menanyakan arti kebutuhan.
-
Motivasi : Siswa diminta mendata kebutuhannya
sebagai pelajar.
Kegiatan inti
-
Siswa secara
berkelompokmembahas tentang arti kebutuhan, jenis-jenis kebutuhan, faktor
penyebab kebutuhan manusia yang beraneka ragam, alat pemenuhan kebutuhan dan
menentukan skala prioritas kebutuhan.
-
Salah satu
kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
menanggapi, dipandu oleh moderator.
-
Guru mengamati
dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
-
Bersama dengan
siswa, guru membuat kesimpulan.
Penutup
-
Penilaian :
Guru memberikan pos tes
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan perlunya
menyusun skala prioritas kebutuhan
agar terjadi keseimbangan.
|
5’
20’
30’
10’
10’
5’
5’
20’
30’
10’
10’
5’
|
E.
Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber belajar : - Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial
- Lingkungan tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
- Literature internet
2. Media : gambar-gambar
F.
Penilaian
1. Jenis tagihan : tes / nontes
2. Teknik : kuis, tes tertulis, dan proyek
3. Bentuk instrumen : uraian singkat, isian singkat, pilihan
ganda dan pertanyaan
tertulis, serta rubrik penilaian
4. Soal / instrumen : terlampir
Malang, September
2011
Mengetahui,
Guru pamong SMP Negeri 11 Malang Guru praktikan
Drs. HM.
Bambang Susilo Bekti Rr. Raemona Sakti
Mengetahui,
Kepala
sekolah SMP Negeri 11 Malang
Drs. HM.
Bambang Sugeng, SH, M.Pd
No comments:
Post a Comment