Welcome to FunStudy's page

Happy greetings to us all. FunStudy blog is deliberately created to share anything with you that is everywhere. Sometimes we share with one another can discover new things, unique and extraordinary that we have never got before. Hopefully what is presented in this blog can be beneficial and assist colleagues in completing the task at hand.

Sunday, 20 November 2011

RPP Sosiologi Penyimpangan Sosial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP                                        : SMP NEGERI 11 MALANG
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester                    : VIII / 1
Standar Kompetensi             : Memahami masalah penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar                 : Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial
(miras, judi, narkoba, HIV/ AIDS, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga, dengan rangka peduli sosial.
Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat dengan rangka peduli masyarakat.
Alokasi Waktu                                   : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan mesyarakat.
3.      Mengidentifikasi jenis- jenis penyimpangan sosial
4.      Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat
5.      Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
6.      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial.

B.      Materi Pembelajaran
1.      Pengertian penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
2.      Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dengan rasa peduli sosial.
3.      Jenis-jenis penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
4.      Contoh-contoh penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
5.      Akibat-akibat penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
6.      Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial dengan rasa ingin tahu.
C.      Metode
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi.
3.      Tanya-jawab


D.     Strategi Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.



























2.
Pertemuan 1
a.      Pendahuluan
-          Apersepsi : mengingatkan kembaki pelajaran yang telah lalu.
-          Motivasi   : bertanya kepada siswa mengenai contoh-contoh penyimpangan sosial yang disekitar lingkungan interaksi Siswa.
b.      Kegiatan inti
1.      Guru membagi kelas atas 5 kelompok.
2.      Masing-masing kelompok membuat laporan tentang tema sebagai berikut.
-          kelompok I membahas pengertian dan kasus-kasus penyimpangan sosial.
-          Kelompok II membahas bentuk-bentuk penyimpangan sosial
-          Kelompok III membahas jenis-jenis penyimpangan sosial
-          Kelompok IV membahas akibat penyimpangan sosial
Kelompok V membahas faktor-faktor penyeba terjadinya penyimpangan sosial.
3.      Pada pertemuan I , kelompok I, II, III mempresentasikan dan kemudian mendiskusikannya dengan kelompok lain yangmemberikan tanggapan.
c.       Penutup
1.      Membuat kesimpulan secara bersama-sama
2.      Memberikan tugas membuat kliping (bersumber dari berbagai media) mengenai macam-macam bentuk penyimpangan sosial.
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi.

Pertemuan 2
a.      Pendahuluan
1.      Apersepsi : mengingatkan kembali pelajaran yang telah lalu.
2.      Motivasi   : bertanya kepada siswa mengenai pengertian dari pengendalian sosial.

b.      Kegiatan inti
1.      Kelompok IV dan V mengumpulkan laporan dan mempresentasikan hasil laporan.
2.      Masing-masing kelompok membuat laporan tentang tema sebagai berikut.
-          kelompok I membahas pengertian dan kasus-kasus penyimpangan sosial.
-          Kelompok II membahas bentuk-bentuk penyimpangan sosial
-          Kelompok III membahas jenis-jenis penyimpangan sosial
3.      Mendiskusikannya, sementara kelompok lain memberi tanggapan.
c.       Penutup
1.      Membuat kesimpulan secara bersama-sama
2.      Memberikan tes
3.      Guru senantiasa memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar termotivasi
5’






20’


30’


10’




10’
5’




5’






20’



30’


10’

10’

5’


E.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber belajar      : -Buku yang relevan
2.      Media                     : gambar-gambar dan OHP

F.       Penilaian
Teknik penilaian
-          Tes untuk kerja
-          Tes lisan
Bentuk instrumen
-          Tes uraian
-          Penugasan(produk)
Instrumen
1.      Sebutkan 3 contoh penyimpangan sosial?
2.      Sebutkan 4 bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat?
3.      Sebutkan jenis-jenis penyimpangan sosial yang kalian ketahui?
4.      Jelaskan akibat dari perilaku menyimpang?
5.      Sebutkan upaya-upaya untuk mencegah perilaku menyimpang?

Malang,   September 2011
                  Mengetahui,
Guru pamong SMP Negeri 11 Malang                                           Guru praktikan


    Drs. HM. Bambang Susilo Bekti                                                  Rr. Raemona Sakti

Mengetahui,
Kepala sekolah SMP Negeri 11 Malang


Drs. HM. Bambang Sugeng, SH, M.Pd

No comments:

Post a Comment